Kamis, 18 Juni 2015

Wisata Pulau Pahawang



Berdasar pada cerita beberapa orang setempat, sejarah Pulau Pahawang dimulai dari datangnya Nokoda th. 1. 700-an yang diikuti juga oleh datangnya Hawang yang dimaksud keturunan Cina. Hawang menetap di satu pulau sampai memiliki seorang anak wanita yang kerapkali di panggil Pok Hawang. Kelazinman memanggil Pok Hawang selanjutnya jadi nama Pulau dimana Hawang menetap dengan sebutan Pulau Pahawang pada th. 1850-an. Pergantian desa Pulau Puhawang diawali dengan datang dan berdiamnya H. Muhammad bin H. Ibrahim hulubalang dari Kalianda yang tinggal di Grup, tengah di Pulau Pahawang sejak mulai hadirnya Ki Mandara dari Sulawesi Selatan th. 1920-an. Pergantian kemudian dimulai sejak mulai th. 1930 dengan datangnya Datuk Jahari yang menetap dan menikah dengan anak Ki Mandara di Penggetahan dan H. Dulmalik dari Putih Doh yang menetap di Suak Buah. 


menuju pahawang Perubahan kemudian (tidak di kenali dengan pasti tahunnya), beberapa orang datang dan tinggal di Desa Pulau Pahawang. Mereka datang dari bermacam tempat. Dari tempat Banten – Jawa Barat, mereka yakni Jahari menetap di dusun Penggetahan dan Ruslan yang menetap di Dusun Cukuh Nyai Jaralangan. Haji Dul Malik dari Putih Doh, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus – Lampung menetap di Dusun Pulau Pahawang. Hadirnya mereka memiliki maksud buka tempat untuk berkebun. 

peta pahawangPada perubahannya Desa Pulau Pahawang memiliki dusun Pahawang, Grup, Suak Buah, Penggetahan serta Jeralangan dan berkembang dengan hadirnya pedukuhan-pedukuhan Suak Gebang, Suak Latak, Cukuh Nyai, Cukuh Kunda, Cukuh Bedil dan Suak Panjang. Grup yakni dusun yang ada di daratan pulau Sumatera yang dipisahkan oleh laut dengan jarak tempuh antar keduanya 1/4 jam dengan perahu ketinting. 

Desa Pulau Pahawang saat itu berstatus kampung dan masuk dalam tempat Marga Punduh. Oleh karena itu lewat cara rutinitas istiadat warga Pulau Pulau Pahawang ikuti ketetapan Marga Punduh. Untuk permasalahan pemerintahan dipimpin oleh Mandara dan permasalahan keagamaan dipimpin oleh H. Dul Malik. Pada th. 1980 lewat cara definitif Pulau Pahawang ditetapkan jadi desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar